Strategi Marketing selama Pandemi

Seperti yang sudah sama-sama kita tahu, dunia ini tidak sedang baik-baik saja. Virus bernama COVID-19 (Virus Corona) berhasil memporak-porandakan banyak negara sejak Desember 2019, tidak terkecuali Indonesia yang juga mulai kedatangan virus ini pada awal Maret lalu.

Sebulan kemudian, kita dapati aktifitas perkantoran banyak yang mengaplikasikan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) walaupun tidak sedikit juga unit usaha di berbagai industri yang mulai keteteran dengan pandemi ini.

Maka pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi 10 strategi digital marketing yang bisa anda aplikasikan pada bisnis Anda agar dapat tetap survive dengan strategi marketing yang baik.

Tetap Terhubung dengan Customer / Klien Anda

Kita mengerti bahwa banyak orang saat ini dalam keadaan sulit, maka ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan empati kepada sesama.

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus nge-scroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Ini adalah kesempatan yang unik untuk membangun citra brand Anda.

Pastikan bisnis Anda mudah ditemui di Internet

PSBB bukan berarti kegiatan bisnis berhenti, masyarakat masih melakukan pembelian barang ataupun jasa, walau semua melakukannya dari rumah. Anda harus memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di Internet atau bisa dibilang dengan ecommerce. Karena dengan kondisi seperti saat ini, konsumsi masyarakat terhadap konten di internet jelas naik secara signifikan.

Maka pastikan anda selalu menjalankan strategi SEO agar bisnis Anda selalu mudah untuk di temukan.

Gunakan Iklan Pay-Per-Click (PPC) 

Kami mengerti bahwa SEO adalah investasi jangka panjang, karena proses optimisasi website di mesin pencari memang memakan waktu.

Apabila bisnis Anda terbilang baru dibangun atau memang belum pernah melakukan strategi SEO dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan momentum, silahkan gunakan jasa iklan pay-per-klik (PPC) agar bisnis Anda mudah ditemui di Internet dalam waktu singkat.

Pastikan aset digital Anda terus ter-update

Jangan kasih kendor, inilah waktu yang tepat untuk memperbaharui portfolio pada aset digital Anda entah itu website ataupun akun sosial media.

Selalu sajikan audience anda dengan konten yang berhubungan dengan industri bisnis Anda. Anda tentunya tidak mau bisnis Anda tenggelam dalam persaingan karena kompetitor bisnis Anda selalu terdepan dalam menyajikan konten pada aset digital mereka.

Optimasi ‘Local SEO’

Selama diberlakukannya PSBB, tentunya masyarakat membatasi ruang gerak mereka secara umum. Apabila mendesak-pun dalam hal pemenuhan kebutuhan, pasti orang-orang akan mencari tujuan terdekat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Maka saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengoptimasi Local SEO bisnis Anda. Apa itu local SEO? Local SEO adalah jenis SEO yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal.

Mesin pencari akan menampilkan bisnis berdasarkan daerah dan jarak terdekat. Maka anda dapat memulai membuat konten artikel yang memberitahu bahwa bisnis Anda tersedia di daerah tertentu.

Anda juga dapat memanfaatkan platform Google My Business, lewat artikel sebelumnya mengenai 4 cara rahasia untuk meningkatkan trafik Anda di tahun 2020, kita sudah sama-sama mempelajari seberapa pentingnya platform Google My Business ini dalam menampilkan review dan ketersediaan bisnis Anda di suatu daerah teretentu.

 

Source : https://dipstrategy.com/



Leave a Reply

Open chat